Berita / |
SMPN 1 PADANG.THE PIONEERING OF INTERNATIONAL STANDARDIZED SCHOOL (RSBI). PENERIMAAN SISWA BARU T
Oleh henny | ||||||
| ||||||
![]() | ||||||
Pertama, Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 230/C3/KEP/2008 Tentang ; Penetapan Sekolah Menengah Pertama 1 Padang Sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Tahun 2008. Kedua, Era globalisasi menurut kemampuan daya saing yang kuat dalam Teknologi, Manajemen dan Sumber Daya Manusia (SDM). Keunggulan teknologi akan menurunkan biaya produksi, meningkatkan kandungan nilai tambah, memperluas keragaman produk, dan meningkatkan mutu produk. Ketiga, Rintisan penyelenggaraan SBI memiliki dasar hukum yang kuat yaitu pasal 50 ayat 3 Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional (UUSPN 20/2003) yang meyebutkan bahwa “pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan Pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi Satuan Pendidikan Bertaraf Internasional”. Kemudian pada pasal 50 ayat 7 UUSPN 20/2003 menyatakan bahwa ketentuan tentang sekolah bertaraf Internasional diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah (PP). Keempat, penyelenggaraan SBI didasari oleh Filosofi Eksistensialisme dan Esensialisme (Fungsionalisme). Filosofi Eksistensialisme berkeyakinan bahwa pendidikan harus menyuburkan dan mengembangkan Eksistensi peserta didik seoptimal mungkin melalui fasilitasi yang dilaksanakan melalui proses pendidikan yang bermartabat, properubahan (Kreatif, Inovatif dan Eksperimentatif), menumbuhkan dan mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan peserta didik SELEKSI ADMINISTRASI
1. Surat Keterangan Sehat Jasmani. 2. Memiliki surat keterangan bahwa siswa sedang duduk dikelas VI SD. 3. Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah asal siswa. 4. Memiliki nilai rapor kelas 4-6 untuk mapel IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia rata-rata 7,0 dan UASBN SD/MI minimal 70. 5. Memiliki surat keterangan/sertifikat Bahasa Inggris dll, jika ada. 6. Memiliki prestaasi kejuaraan akademik dan non akademik minimal pada tingkat Kabupaten/Kota (jika ada) dan dibuktikan dalam sertifikat, piagam, surat keterangan dll. 7. Membuat Surat pernyataan:
a. Bersedia mengikuti program RSBI. b. Bersedia mengikuti test bakat, minat & kecardasan (psikotes) 8. Lulus seleksi Akademis dan Non Akademis dengan kriteria minimal 7,0. JADWAL PENDAFTARAN DAN SELEKSI
1. Pendaftaran siswa dimulai dari tanggal 04 sampai 06 Mei 2009 dari pukul 08.00 s.d 14.00 WIB di SMP Negeri 1 Padang
2. Seleksi Administrasi tanggal 07 s.d 09 Mei 2009 3. Pengumuman hasil seleksi Administrasi tanggal 18 Mei 2009 4. Tes tertulis yang mencakup bidang MIPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum yang Materinya diambil dari Kelas 4 s.d 6, dilaksanakan tanggal 20 Mei 2009 Pukul 07.30 WIB di SMP Negeri 1 Padang. 5. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi SMP Negeri 1 Padang SELEKSI NON AKADEMIS
1. Test bakat, minat, dan kecerdasan (psikotes) dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2009 Pukul 08.00 di SMP Negeri 1 Padang.
2. Wawancara dengan calon siswa dan orangtua siswa dilaksanakan pada 27 s.d 28 Mei 2009
AKSELERASI DAN RSBI
PENGEMBANGAN DIRI
Rohis, Paskibra-PBB, English Community, Media Spensa, KOPSIS, Karate, Silat, Bina Vokalia/Paduan Suara, Vokal group, Teater,Tari, Club Biologi, Fisika dan Matematika.
TENAGA PENGAJAR Tenaga pengajar terdiri dari ;
1. 98% Guru berijazah S.1 DAN S.2 dan pendidikan di luar negeri ( USA), diantaranya telah mendapat sertifikasi
2. Dosen- dosen dari Universitas Negeri Padang dan Universitas Andalas
PRESTASI : 1. Siswa:
Diterima di SMA ternama di kota Padang dan Luar Kota Padang 98%. Meraih prestasi akademik & non-akademik dan meraih siswa berprestasi tingkat kota, provinsi, dan nasional. 2. Guru:
Meraih guru teladan/ berprestasi tingkat kota dan Provinsi PENERIMAAN SISWA BARU
SMP Negeri 1 Padang Tahun Ajaran 2009-2010 menerima siswa baru melalui PSB Mandiri dimulai pada awal Mei 2009. Pengambilan dan Pengembalian formulir dilaksanakan mulai tanggal 04-06 Mei 2009 di SMP Negeri 1 Padang (pada jam kerja: 07.30 - 14.00 WIB).
FASILITAS
1) Ruang kelas yang nyaman dengan jumlah siswa perkelas 24 orang 2) AC, Infocus, TV, DVD, Komputer 3) Small Libary di setiap kelas 4) Lockers untuk setiap siswa 5) Labor Komputer 6) Labor Bahasa 7) Ruang Pustaka yang lengkap 8) Pustaka TIK 9) Ruang Guru, Wakil Kepala Sekolah, dan Kepala Sekolah 10) Klinik Sekolah/PMR 11) Ruang Tata Usaha 12) Ruang OSIS 13) Koperasi Siswa 14) Kantin Kejujuran 15) Kantin Sekolah
| ||||||
Berita Kesiswaan Lainnya | ||||||
. SMPN 1 Padang juara umum FLS2N . PEMILIHAN PENGURUS OSIS SMP NEGERI 1 PADANG Tahun Pelajaran 2009 – 2010 |